Rabu, 12 Februari 2014

Teknik Loby & Negosiasi



A.    PENDAHULUAN                                                                                         
a.       Sejarah Berdirinya Usaha
Kesuksesan usaha coklat pedas di kota besar lainnya Bandung . Pelopor di Jawa Barat yaitu Toserda Jl. Pajajaran No. 4, Bandung. Toserda memperoleh keuntungan hingga 40juta per bulan. Hasil survey, kunci kesuksesannya adalah karena nilai manfaat coklat yang tidak ditemukan di coklat yang lain dan juga keberhasilan pada publikasi. Semarang belum memiliki usaha serupa (kedai sekaligus menyajikan coklat pedas), ChocHot merupakan kedai coklat yang menyajikan menu-menu coklat dengan menu andalan coklat pedas, “ChocHot”. Khususnya di kawasan tembalang ini masih belum ada, sementara hasil survei menunjukan minat  terhadap coklat cukup tinggi. Dari sinilah kami menerapkan sebuah Kedai coklat dengan menu andalan yang belum ada produksinya di Semarang. Yaitu, coklat dengan rasa pedas dari cabai yang kami olah sehingga mempunyai daya tarik tersendiri tanpa meninggalkan rasa dan kualitas yang baik.
 Asal mula mengapa kita mencetuskan untuk membuka usaha ini adalah karena di Kota Semarang jarang ditemukan sebuah kedai seperti ini, khususnya lokasi yang akan kita gunakan sebagai tempat usaha, yaitu di daerah Tembalang. Coklat pedas ini sebelumnya sudah ada di Indonesia, tepatnya di kawasan Kota Bandung. Oleh sebab itu, tujuan bisnis ini menyediakan berbagai menu dengan bahan dasar Coklat yang kaya manfaat dengan rasa yang lezat dan kualitas yang baik. Menyajikan menu spesial Coklat pedas. Kedai kami bebas dikunjungi oleh siapa saja dan dari mana saja pengunjung berasal.

                                                                                             
b.      Tagline
”Gak NyoC-Hot Gak Gaul”

c.       Visi Usaha
H2C (Health Hot Chocolate)
d.      Misi Usaha
·   Menyajikan coklat yang sehat dan lezat
·   Menyediakan menu cokat pedas dengan rasa yang unik dan kualitas tinggi
·   Dengan mengkreasikan coklat menjadi panganan yang disukai oleh semua kalangan.
·   Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada semua customer kami.

B.     ASPEK PEMASARAN                                                                                 
a.       Gambaran Umum Pasar (STP)
Segmen Pasar      : Lapisan masyarakat ekonomi bawah sampai ke atas
Target Pasar         : Seluruh lapisan masyarakat yang berdomisili di wilayah tembalang khususnya remaja/mahasiswa.
Positioning          : Usaha yang menyajikan menu coklat secara khusus di wilayah Tembalang,  menurut hasil survey di lapangan saat ini belum ada. Sehingga produk kami adalah baru dan belum memiliki saingan yang setara. Selebihnya, yang membuat usaha kami berbeda karena kami memproduksi menu andalan yaitu coklat dengan rasa pedas “ChocHot”. Adapun saingan kami adalah coklat yang sudah memiliki nama kuat dipasaran seperti Cadburry, Silverqueen, namun produk kami memiliki keunggulan dari segi kesehatan, karena berbahan dasar 60% Dark Chocolate yang lebih sehat dibanding  Milk Chocolate. Selain itu, keunggulan kami adalah menjatuhkan harga dibawah harga coklat yang dijual dipasaran.
b.      Hasil survei peminat cokelat
Dari jumlah pengisi kuesioner 50 orang

Kuantitas Ya
Kuantitas Tidak
Penyuka Coklat
48
2
Penyuka Pedas
33
17
Penyuka Coklat dalam varian lain (puding,kue,dll)
48
2



c.       Pesaing
·         Penawaran dari produk pesaing sejenis dipasar
Nama perusahaan pesaing
Harga(Rp)
Silver Queen
10.800
Dairy Milk
14.600
Delfi
15.900


d.      Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Untuk target pasar,kami pangsakan untuk anak muda kurang lebih 55% dari penjualan kami,dan untuk 45% kami pangsakan untuk orang tua yang ingin mencoba coklat ini di tempat kami.
TAHUN

PERMINTAAN
(A)
PENAWARAN
(B)
PELUANG
(C=A-B)
RENCANA PENJUALAN
PANGSA PASAR
(E = DX100%/C
2012
4800
-
4800
5000
1,041
2013
5100
-
5100
5200
1,019
2014
4800
-
4900
5000
1,020


e.       Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing (7P)
A.    Product
Produk yang dijual memiliki nilai kegunaan yang tinggi, lezat, dan dikemas secara hieginis, dan bentuk yang menarik

B.     Price
Produk dijual dengan harga yang terjangkau untuk ChocHot (Coklat Pedas). Dan memjual dengan harga yang standar untuk produk coklat yang lain (puding coklat, cake coklat, coklat leleh, dll)


C.    Promotion
Advertasing (Iklan). Promosi yang dilakukan melalui media cetak : pamflet, brosur, spanduk.. Selain itu, promosi dilakukan juga melalui Personal Selling. Mengerahkan beberapa personal untuk menawarkan produk kepada konsumen untukmencoba produk

D.    Placement
Distribusi dilakukan langsung oleh produsen karena membuka kios penjualan. Selain itu, untuk produk ChocHot (Coklat Pedas) di distribusikan ke toko-toko food and beverages, bakery di Semarang, dan delivery order (ulang tahun, acara-acara perayaan)

E.     People
Pelayan yang ramah dan sigap untuk melayani konsumen serta pelayan yang kooperatif.

F.     Process
Pembeli datang ke kedai ChocHot, membeli produk, dapat juga produk dinikmati di tempat. Selain itu pemesanan dapat dilakukan via telepon

G.    Physical Evidence
Tempat yang bersih, tampilan produk yang menarik.

f.       Analisis SWOT
v  Strength/Kekuatan :
1)      Lebih Sehat.
Kami menyajikan produk unggulan “ChocHot” yang lebih unggul dilihat dari segi kesehatan dibandingkan coklat lainnya yang sering ditemukan dipasaran. Karena bahan baku produk kami Dark Chocolate. Menurut Mauro Serafini Dark Chocolate mengandung epicathecin sebagai anti penggumpalan darah. Dan antioksidannya sangat baik bagi jantung, mencegah struk, dan mencegah penuaan dini.
2)      Rasa yang tak kalah lezat.
 “ChocHot” memiliki cita rasa yang lezat. Karena kami menambahkan butter, gula, cabe dan madu serta dark chocolate sebanyak 60% (kadar yang ideal sehingga tidak terlalu pahit) menciptakan rasa lezat dan gurih. Dan juga memiliki sensasi pedas.
3)      Harga yang lebih terjangkau
Harga “ChocHot” satu bungkusnya adalah Rp.10.000,- harga ini jelas lebih terjangkau dibanding harga coklat lainnya. Menurut survey kami Silverqueen dijual di pasaran  Rp. 10.800, Cadburry Rp. 14.600, Delfi Dairy Milk Rp. 15.900.


4)      Merupakan Usaha Perintis di Semarang
Usaha kedai coklat dengan menu andalan coklat pedas kami merupakan usaha yang baru di Semarang. Dapat dipastikan tidak ada pesaing yang sejenis selain coklat-coklat biasa yang dijual di toko-toko. Sehingga peluang memenangkan pasar sangat tinggi

v  Weakness/Kelemahan :
1)      Branding
Belum terlalu banyak dikenal ,karna merupakan produk yang sangat baru sekali.

v  Opportunity/Peluang :
1)      Investor
Investor merupakan peluang kami untuk menyukseskan usaha ini. Investor dapat dipastikan menutupi weakness kami, yaitu dalam hal promosi brand.

v  Threat/Ancaman :
1)      Pesaing yang bermunculan
Ancaman yang memungkinkan akan dihadapi adalah apabila perusahaan ini mulai berjalan. Tidak menutup kemungkinan bermuculan usaha yang sama dengan gagasan yang lebih kratif atau menjatuhkan harga dibawah harga jual kami, sehingga akan menggeserkan posisi usaha kami sebagai produk pertama yang ada dikawasan Semarang.
2)      Bangkrut
Tidak menutup kemungkinan usaha kami kehilangan pelanggan sehingga perusahaan kami mengalami defisit, dan apabila terjadi defisit dalam jangka panjang akan menyebabkan usaha kami bangkrut.

C.     ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN                                             
a.       Aspek Organisasi
·      Nama perusahaan     : Kedai Coklat “ChocHot”
·      Nama pemilik           : Elroy Puspito Adi
·         Bentuk Usaha           : Home Industry
·         Lokasi                       : Jl. Ngesrep timur V no 36D, Kecamatan Banyumanik, Semarang
·         Nomor Telepon        : 083180240095
·         E-mail                       : chochot@gmail.com
·      Struktur organisasi
 











b.      Perizinan
Kami meminta persetujuan dari RT/RW dan warga setempat untuk membangun tempat usaha kami serta surat keterangan dari BPPOM mengenai keamanan produk kami.

D.    ASPEK PRODUKSI                                                                                      
a.       Produk
                                                 I.      Dimensi produk
Dimensi ini meliputi :
*            Dari segi bentuk dan ukuran
Produk  ChocHot ,coklat asli yang kami cairkan kemudian kami bentuk kembali menjadi coklat batangan persegi panjang .
*            Dari segi warna serta fungsinya :
Kalau dari segi warna kami masih memilih warana coklat asli seperti warna putih dan coklat , karena kami tidak ingin menambahkan pewarna dalam produk kami ,kami lebih menjujung tinngi kesehatan konsumen kami .
                                                      II.            Nilai / manfaat produk
·         Manfaat inti
Manfaat dari coklat dalam produk kami yaitu untuk kesehatan , karena di dalam coklat terdapat Kandungan antioksidan tinggi di dalamnya diyakini bisa memperbaiki kesehatan.
Kandungan theobromine di dalam cokelat misalnya, diklaim bagus untuk sistem saraf. Selain itu, studi baru-baru ini dari Imperial College London menunjukkan bahwa cokelat bisa menekan batuk yang berkepanjangan. Dan komponen phenylethylamine dalam cokelat diyakini bisa memperbaiki mood. Sementara itu, kandungan antioksidan dalam cokelat dinyatakan bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV sekaligus meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Semua manfaat cokelat ini bisa didapatkan dari dark chocolate karena mempunyai kandungan bubuk cokelat padat yang lebih tinggi.
·         Manfaat dasar
Manfaat dasar dari colat yaitu dapat memperbaiki mood seseorang karena terdapat kompenen phenylethylamine .
·         Manfaat yang diharapkan
Coklat dari produk kami juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit ,seperti mengurangi tekanan darah karena mengandung nitrat oksida, dan dapat membantu dengan keseimbangan hormonal internal ,mengurangi LDL (kolesterol jahat) sebanyak sepuluh persen. Manfaat  Kesehatan juga tersedia hanya dari coklat gelap dengan enam puluh lima persen atau tingkat yang lebih tinggi dari kakao. cokelat hitam dengan penurunan risiko stroke sebesar 22 persen pada orang yang makan cokelat hitam seminggu sekali. Studi ketiga bahkan menyebutkan, risiko kematian akibat stroke dapat dikurangi menjadi 46 persen jika Anda makan 50 gram cokelat per minggu .
                                                III.            Kegunaan /fungsi produk
1.      Coklat  : baik untuk kesehatan dan sekeping coklat hitam terbukti mampu memperlancar peredaran darah. Riset yang dipimpin Dr. Valentine Yanchou Njike dari Yale Prevention Research Center, yang dilansir Reuters, Sabtu (24/03) menyebutkan coklat hitam memiliki kandungan theobromine, phenethylamine, dan kafein yang jika dikonsumsi secara seimbang dan tepat akan membantu fungsi pembuluh darah.
2.      Cabe  :
·         Di dalam buah cabe rawit terkandung kapsaisin, kapsantin, karotenoid, alkaloid atsiri, resin, minyak menguap, serta vitamin A dan C. Kapsaisin memberikan rasa pedas pada cabe, berkhasiat melancarkan aliran darah serta sebagai pemati rasa kulit.
·         rasa pedas di lidah dapat menimbulkan rangsangan ke otak untuk mengeluarkan endorfin (opiate endogen). Hasilnya, rasa sakit hilang dan timbul perasaan lebih sehat. Pada sistem reproduksi, sifatnya yang panas dapat mengurangi rasa tegang dan sakit akibat sirkulasi darah yang buruk.
·         Salah satu hasil penelitian, kata Dr. Setiawan, cabe rawit diketahui memiliki khasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis) dan menurunkan kadar kolestrol. Satu hal lagi, banyaknya kandungan zat antioksidan (seperti vitamin C dan betakaroten), dapat digunakan untuk mengatasi ketidaksuburan (infertilitas), afrodisiak, dan memperlambat proses penuaan.

3.      Kacang  almond :
·      Bagi jantung, Kacang almond mengandung LDL yang baik untuk jantung. LDL ini akan memerangi 10 % kolesterol jahat apabila dikonsumsi secara teratur.  Ia juga menurunkan resiko serangan jantung, kanker serta membuat Anda awet muda.
·      Snack baik untuk diet, Sudah jelas bahwa kacang almond mengandung lemak. Kandungan fiber/ serat di dalam kacang almondlah yang menyeimbangkan jumlah kalori yang ada. Kacang almond juga mengandung karbohidrat, sehingga saat memakannya kita akan merasa kenyang dalam beberapa waktu.Namun tentunya tetap dalam porsi tertentu, karena ia tetap snack yang mengandung cukup banyak lemak.
·      Sumber protein tinggi, almond juga kaya akan protein, yang tentunya sangat baik untuk pertumbuhan kuku, kulit, dan rambut.
·      Tinggi kalsium, berbeda dengan camilan lain, kacang almond juga kaya akan kalsium, dan ini tentunya sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Bahkan dalam ilmu pengobatan China, kacang almond digunakan sebagai tonic obat kuat karena kemampuannya memperlancar peredaran darah dan menjaga kestabilan liver.

4.      Agar-agar :
·         Agar-agar bagus untuk usus pencernaan karena mengandung serta (fiber) lunak yang tinggi dan kalori yang rendah.
·         Membantu melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan di usus (laksatif) dan mencegah sembelit
·          Jenis jeli, cincau, agar-agar bebas lemak dan kalori.
·         Bagus untuk orang yang seedang mengatur pola makan atau diet.
·          Bagus untuk tulang karena memiliki kadar kalsium dan fosfor.
·         Agar-agar bisa mengurangi peradangan dan keluhan panad dalam.
·         Bisa dicampur sebagai bahan aneka minuman yang menyegarkan.
·         Berkhasiat menurunkan suhu badan atau panas.
·          Merangsang nafsu makan karena agar-agar mengandung alkoloid.
·         Mencegah kanker.
·         Antioksidan karena agar-agar mengandung klorofil ganggang laut yang membantu membersihkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.
·          Mencegah kardiovaskular, mencegah tekanan darah pada penderita hipertensi.
·          Agar-agar sebagai obat pencahar, pengganti gelatin vegetarian, pengental sup.
·         Sebagai campuran pada es krim dan bisa untuk makanan penutup.
·         Agar-agar juga bisa digunakan sebagai clarifiying agent dalam produksi minuman beralkohol.
·         Agar-agar juga bagus untuk ibu hamil dan menyusui.

5.      Kacang mente :
·           Menurunkan berat badan.
Sekitar 75 % lemak yang terkandung dalam kacang mete adalah lemak tak jenuh (unsaturated fats) yang merupakan lemak baik.
Selain itu, kacang mete mengandung serat dalam jumlah tinggi. Lemak baik membuat kacang mete dapat membantu menurunkan berat badan dan memberikan lebih banyak energi pada tubuh. Kacang mete juga membantu memperlancar metabolisme tubuh.
·           Meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat.
Lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats) membantu meningkatkan kesehatan jantung. Lemak ini ditemukan dalam diet Mediterania.
Mengonsumsi kacang mete dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kadar kolesterol jahat.
·           Menurunkan risiko kanker.
Kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi dalam kacang mete membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.
Kacang mete dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh sel-sel kanker yang berkembang dalam tubuh.

·           Meningkatkan fungsi otak.
Kacang mete dapat membantu meningkatkan oksigen ke otak. Kacang mete memainkan peran penting dalam meningkatkan memori.
Hal ini dikarenakan lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal berkaitan dengan produksi sel otak. Otak bergantung pada kedua jenis lemak ini, dan kacang mete memiliki kandungan yang tinggi akan kedua lemak tersebut.
·           Menguatkan tulang.
Magnesium yang ditemukan dalam kacang mete membantu mempromosikan struktur tulang yang kuat dalam tubuh. Magnesium ditemukan sekitar 82,5 mg/ons dalam kacang mete.
Magnesium bersama dengan kalsium, membantu mendukung otot dan struktur tulang.
akan ½ cup kacang mete akan memberikan 33% angka kecukupan gizi (AKG) zinc, mineral yang terbukti berkhasiat memfortifikasi system imun yang bekerja terlalu keras. Para periset di Cleveland Clinic menemukan zinc memberantas virus pilek, mengurangi durasi infeksi sampai 57%.
b.      Proses Produksi
Proses produksi produk andalan kedai ChocHot adalah Coklat pedas.
Bahan : 4 g bubuk cabai  (cabai merah/rawit merah kering)
240 g fresh cream
300 g araguni 70% chocolate, cincang atau dark couverture chocolate
195 g putih telur
200cc susu kremer

Cara membuat :
·    Masukkan chilli padi ke dalam cream dan birakan terendam semalaman.
·    Saring cream lalu masak hingga mendidih. Angkat.
·    Tuang ke dalam cokelat cincang dan diamkan sebentar.
·    Aduk dengan spatula dengan gerakan memutar perlahan hingga cokelat menyatu dengan cream.
·    Kocok putih telur sebentar lalu campur dengan campuran cokelat dan cream.
·    Masukan susu kremer, aduk merata. Masukkan ke dalam freezer.
·    Ambil dari freezer, sajikan.

c.       Kapasitas Produksi
TAHUN
RENCANA PRODUKSI (dalam unit)
2013
5000
2014
5200
2015
5700






























PROFIL
Nama Usaha             : ChocHot
Nama Pemilik           :Elroy Puspito Adi
Lokasi                      : Jl.Ngesrep timur V no 36D,Kecamatan Banyumanik,Kota Semarang
Jam Buka                 : 10.00 – 22.00
Nomor Telepon        : 083180240095
E-mail                       : chochot@gmail.com














Menu                        : Coklat Pedas

                                    Coklat Leleh
                                    Bola-bola Coklat
                                    Coklat + Almond
                                    Coklat + Mente
                                    Cake Coklat
                                    Puding Coklat
                                   Strawberry Chokath Praline
                                    Rum Raisin
                                    Chesse Chokath Praline
                                    Blueberry Chokath Praline
                                    Peanut Butter
                                    Minuman Coklat
Minuman dari Coca Cola Refrigerator Company (Ades, Pepsi, Maid Pulpy, Coca Cola, Sprite, dll)
                                   
                                  





E.     PETA LOKASI USAHA DAN DESIGN RUANGAN                               












              : Lokasi Usaha

Design Ruangan


F.      DESIGN SERAGAM KERJA                                                                                  

G.    DOKUMENTASI SURVEI HARGA                                                                       



                                                                                                           

               





H.      DESIGN LOGO , FAMPLET dan POSTER                                                                                    
Pamflet dan Poster











                Logo





                                                                                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar